Kesehatan

Jadwal Dokter BMC Bogor: Simak Ulasan Lengkap Mengenai Hepatitis A dan B Berikut Ini!

Summary

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh hepatitis A dimana penularan terjadi melalui makanan dan minuman yang berasal dari feses penderitanya. Virus ini merupakan penyebab terjadinya radang maupun liver sehingga dapat menurunkan fungsi hati. Faktor resiko penyakit tergantung pada kebersihan […]

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh hepatitis A dimana penularan terjadi melalui makanan dan minuman yang berasal dari feses penderitanya. Virus ini merupakan penyebab terjadinya radang maupun liver sehingga dapat menurunkan fungsi hati. Faktor resiko penyakit tergantung pada kebersihan lingkungan buruk dan perilaku hidup bersih sehat. Jenis penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan hati dan ringan jika segera disembuhkan dengan konsultasi sesuai jadwal dokter BMC Bogor . Hepatitis A dapat dialami oleh kelompok usia tua namun dapat dialami oleh anak usia 6 tahun yang memiliki 10% gejala penyakit dan sebaliknya paling parang 70% menyerang usia tua dengan gejala penyakit kuning yang menyerang imun.
Berikut adalah faktor resiko yang meningkatkan resiko terhadap hepatitis A:
  • Pergi ke wilayah yang memiliki hepatitis A tinggi.
  • Mengunjungi tempat penitipan anak maupun pusat penitipan anak.
  • Laki-laki yang melakukan kontak secara seksual dengan laki-laki lainnya.
  • Menderita penyakit HIV.
  • Memiliki kelainan pada pembekuan darah.
  • Menerima transfusi darah dari penderita.
  • Menggunakan obat terlarang dari suntikan.
  • Berada di wilayah terjangkit hepatitis A.
  • Melakukan kontak fecal oral.
Untuk mengatasi hepatitis A sebaiknya rajin mencuci tangan dan menggunakan peralatan minum dan makan yang berbeda dari penderita. Jika berada di penitipan anak maka sebaiknya menggunakan pelindung dan pastikan gejala 4 minggu segera konsultasikan. Jika lelah maka segera beristirahat dan jaga nafsu makan dengan makanan yang bergizi untuk memenuhi energi.
Hepatitis B menjadi penyebab orang meninggal dan menjadi masalah penyakit yang kronis. Di Indonesia peningkatan penderitanya juga semakin banyak dan banyak yang meninggal karena penyakit ini. Cara penularan penyakit ini dengan kontak seksual dengan berganti pasangan hubungan seks, berbagi jarum suntik yang terkontaminasi penderita hepatitis B, kontak dengan jarum suntik tidak sengaja dan ibu dan bayi sedang hamil saat persalinan.
Berikut adalah gejala dari penyakit hepatitis B diantaranya:
  • Sering merasa mual hingga muntah, hal ini disebabkan oleh kenaikan produksi asam lambung. Ketika hati mendapat gangguan dari virus akan terjadi kerusakan sel yang membuat kerja hati tidak berfungsi dengan normal dan dampaknya pada produksi getah empedu dan muntah pada penyakit ini terasa sangat pahit dan beraroma menyengat khas asam warna gelap kekuningan.
  • Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan, diakibatkan asam lambung tinggi membuat perut terasa penuh dan jarang merasa lapar sehingga akan menurunkan nafsu makan yang diikuti dengan penurunan berat badan sehingga tubuh membutuhkan nutrisi dan makan teratur.
  • Terserang flu, mengalami kepala pusing, mudah ngantuk, badan meriang dan penderita perlu melakukan pemeriksaan ke dokter untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.
  • Mudah lelah dan nyeri badan, hal ini diakibatkan fungsi hari menurun sehingga zat-zat yang tidak seharusnya masuk dalam darah malah ikut dalam darah.
Selain itu, terjadi nyeri perut pada bagian kanan atas terutama sekitar hati saat ditekan. Nyeri ini meradang sehingga rongga perut mendapatkan tekanan. Penderita juga akan mengalami diare karena organ hati memegang penting dalam proses pencernaan dan diare ini lebih berlangsung dalam waktu lama. Ketika fungsi hati melemah maka vitamin A tidak tersimpan dan kebutuhan vitamin untuk mata tidak terpenuhi dengan baik. Terjadi juga pembengkakan karena peradangan hati berlanjut dan membuat produksi cairan memenuhi perut dan menyebabkan buncit. Kedua hepatitis ini dapat dikonsultasikan di BMC Bogor sebagai rumah sakit berstandar internasional dengan jadwal dokter BMC Bogor dapat dilihat dari situs resminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *