Faktor Penting Dalam Membuat Kolam Ikan Koi

Diposting pada

Cat Kolam Ikan – Hal utama yang perlu diperhatikan didalam pemeliharaan ikan koi adalah mutu tempat pemeliharaannya. Perlu diketahui bahwa ikan koi sebaiknya tidak dipelihara di didalam akuarium. Selain mampu menghindar perkembangan dan keleluasaan didalam bergerak, keindahan ikan koi yang terletak pada punggungnya termasuk tidak akan mampu Anda nikmati secara maksimal.

Di Indonesia, ikan koi biasanya dipelihara di didalam kolam semen. Kolam perlu udah diplester dan diaci halus sehingga tidak melukasi fisik ikan koi yang atraktif dan bahagia menggesek-gesekkan tubuhnya. Bentuk kolam mampu Anda rancang cocok selera, tetapi sebaiknya jauhi kolam dengan sudut siku. Bagian berikut rawan melukai fisik ikan dan berpotensi menciptakan tempat mati.

Sesuaikan ukuran dan kedalaman kolam dengan ukuran ikan koi yang sedang dipelihara atau yang nanti inginkan dicapai. Biasanya panjang dan lebar kolam dibuat dengan perbandingan 2 : 3, kedalaman 0.8 – 2 meter. Kolam yang amat dangkal memicu ikan koi sukar bergerak dan terus menerus terekspos cahaya matahari yang berpotensi mampu memudarkan warna sisik ikan. Sebaliknya, kalau amat dalam, ikan koi tidak akan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Anda pun tidak akan mampu nikmati keindahannya dengan maksimal gara-gara ikan akan cenderung terus berada di basic kolam.

Disarankan untuk tidak memicu basic kolam dengan wujud datar, tetapi punyai kemiringan 20 – 40 derajat. Rancang sehingga titik sedang menjadi titik yang lebih didalam daripada tempat di keempat sisinya. Konsep ini akan menunjang memelihara kebersihan kolam, memicu sampah dan kotoran terendap di bagian tengah. Guna menanggulangi volume air yang meluap (overflow), buat lubang pembuangan yang mengitari keempat segi kolam.

Jika kolam udah diplester dan diaci, lapisi dengan cat pelapis spesifik Flexycoat Waterponding. Pelapis spesifik kolam ini akan jauhi kolam berasal dari rembes dan bocor gara-gara kekuatan lekatnya yang kuat. Flexycoat Waterponding termasuk elastis dan tidak beracun, sehingga ikan koi Anda tetap sehat dan nyaman. Produk ini tersedia didalam warna hitam dan biru untuk menonjolkan warna-warni ikan koi Anda.

Sebaiknya jangan memicu kolam di bawah pohon gara-gara mampu memicu kolam cepat kotor. Asupan cahaya matahari perlu bagi perkembangan ikan koi, tetapi termasuk jangan hingga berlebihan. Jika kolam berada di didalam ruangan, Anda mampu menyiasatinya dengan aplikasi atap transparan, jendela berukuran besar, atau lampu UV.

Kolam Ikan Koi (sumber: rumahku)

Untuk memelihara kebersihan kolam, Anda sebaiknya melengkapi kolam dengan filter (penyaringan) 4 lapis. Keempat filter berikut adalah kerikil, karbon zeolit, pestisida, dan bebatuan atau tanaman. Kerikil sebagai filter pertama mampu Anda rubah atau tambahkan dengan pasir atau ijuk. Sediakan kurang lebih 30% volume kolam untuk filter.

Agar ikan terus bergerak aktif, Anda sebaiknya termasuk melengkapi kolam dengan aerotor atau air terjun buatan. Bukan hanya memelihara sirkulasi air kolam, tetapi termasuk memberikan suplai oksigen. Ikan yang terus bergerak aktif akan memicu tubuhnya sehat.

Ukuran, lokasi, dan kelengkapan yang baik adalah 3 aspek yang perlu Anda perhatikan untuk kolam ikan koi Anda. Dengan begitu, ikan koi akan tumbuh dengan sehat dan optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *