Habis Nonton Film Horor? 7 Tips Usir Takut agar Bisa Tidur Nyenyak

Diposting pada

Bioskop Online – Di dunia ini, ada orang yang terlalu pemberani untuk lihat film horor, terhitung ada yang was-was dan hindari genre tayangan itu. Di antara keduanya, ada sekelompok orang yang berada pas di tengah-tengahnya, yaitu was-was tapi menyukai film hantu sehingga bersikukuh mendambakan menontonnya. Dari ketiga group ini, di manakah dirimu berada, Bela?

Baik suka maupun nggak suka, kadang kala anda memaksakan diri untuk lihat film horor dikarenakan sebagian alasan. Entah dikarenakan filmnya mempunyai rangkaian cerita yang menarik, aktor yang anda sukai menjadi peran utama, entah karena nggak ingin ketinggalan obrolan dengan teman-teman lain yang menontonnya. Namun pengaruh samping setelahnya, anda menjadi menjadi kuatir dan takut. Bahkan, sukar untuk tidur di malam hari atau tidur sendiri. Jika hal ini anda alami, jangan khawatir! Melansir dari Bustle, ada sebagian langkah untuk menangani rasa was-was sesudah lihat film horor.

1. Ingat kalau semua itu cuma ada di film

Hal pertama yang wajib anda melaksanakan adalah reality check. Pisahkan fakta dan fiksi didalam pikiranmu. Pejamkan mata dan ingatkan dirimu sendiri kendati seberapa realistisnya film horor yang baru saja anda tonton itu, semuanya cuma ada di balik layar. Nggak ada monster, drakula, zombie, roh jahat, atau lebih-lebih badut pembunuh. Semua cuma ada di film, bukan di sekelilingmu saat ini. Semua cii-ciri itu pun dimainkan oleh aktor dan aktris profesional, dengan sutradara di balik kamera, dan peralatan studio yang menopang jalannya syuting.

2. Menonton suatu hal yang menyebabkan tawa

Kapan pun saat menjadi was-was di malam hari, atau mendadak kuatir dan nggak bisa tidur, coba hibur dirimu sendiri dengan memandang suatu hal yang menyebabkan tawa. Entah itu video di YouTube, komik-komik singkat di unggahan Instagram, atau kumpulan memes di internet. Dengan memandang suatu hal yang menghibur, rasa takutmu perlahan menghilang dan anda dapat lebih tenang sejenak.

3. Meditasi dan membersihkan pikiranmu

Setelah lihat film horor, pasti ada sebagian adegan yang terlalu menempel di kepalamu. Adegan menyeramkan itu bagai kaset rusak, selamanya terputar lagi di kepala meski kamu nggak menginginkannya. Itu membuatmu menjadi jadi takut. Ada kalanya, anda wajib mengosongkan pikiranmu untuk menenangkan dirimu, Bela. Duduk dan bermeditasi adalah alternatif yang tepat. Singkirkan ingatan di kepalamu yang berhubungan dengan film horor sampai itu nggak lagi mengganggu dirimu.

4. Lakukan suatu hal untuk mengalihkan pikiranmu

Rasa was-was akibat lihat film horor membuatmu sukar tidur? Lakukan suatu hal yang dapat mengalihkan pikiranmu. Hal itu dapat berupa membaca buku seru, scrolling media sosial, atau berburu diskon tidak mahal di toko online. Fokuskan pikiranmu pada hal yang tengah anda lakukan. Dengan begitu, kamu nggak berfokus lagi pada rasa was-was atau dengan film horor yang baru saja ditonton.

5. Menghubungi seseorang

Menghubungi orang terdekat dapat menopang mengalihkan pikiranmu berasal dari film horor dan memudarkan rasa was-was didalam hatimu. Kamu dapat mengajak keluarga, teman, atau lebih-lebih pasangan untuk sekadar mengobrol dan mengkaji film yang baru saja ditonton. Terkadang, mengeluarkan perasaan yang mengganjal layaknya rasa was-was itu dapat memicu hati menjadi lebih lega dan ringan. Namun kalau nggak ingin mengkaji film, anda dapat mengganti topik dengan menanyakan kabar lawan bicaramu. Percakapan yang baik dapat menyingkirkan rasa was-was secara perlahan.

6. Berolahraga

Rasa was-was dan kuatir singgah beriringan. Jadi dikala menjadi takut, anda pun dapat menjadi cemas, dan saat itu pula adrenalin didalam dirimu dapat terpacu. Alternatifnya, anda dapat menyalurkan adrenalin itu ke luar tubuh dengan langkah berolahraga. Aktivitas fisik yang baik ini nggak hanya memicu rasa takutmu berkurang, tapi terhitung dapat menyehatkan tubuh.

7. Tidur dengan lampu menyala

Tenang, kamu nggak perlu bersikap pura-pura berani kendati sebenarnya nggak. Kamu nggakperlu memaksakan diri untuk tidur dengan suasana lampu mati kalau gelap membuatmu merasa nggak nyaman, terlebih sesudah lihat film horor. Biarkan lampu selamanya menyala dan tidurlah. Saat bangun nanti, anda dapat menjadi lebih baik dan lupa kalau film horor itu cuma sebuah film yang nggak dapat anda tonton lagi.

Nggak ada yang salah kalau anda bukan orang yang pemberani tapi suka dengan film horor. Jika ketakutanmu muncul sesudah menontonnya, usir perasaan itu dengan melaksanakan sebagian tips ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *