Sepak Bola Wanita yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada

Sepak bola adalah tidak benar satu olahraga yang paling digandrungi di dunia. Tak cuma untuk pria, ternyata banyak sekali kaum hawa yang termasuk menyenangi olahraga yang dimainkan oleh 22 pemain ini. Tak tanggung-tanggung, setidaknya hingga saat ini tercatat tidak kurang berasal dari 176 negara di dunia udah mempunyai tim nasional sepak bola wanita. Untuk mengetahui lebih mengetahui tentang peristiwa sepakbola wanita, klub/tim  hingga piala dunia untuk pertama kalinya tersebut ini kami sajikan ulasannya.

Sejarah Sepak Bola Wanita
Dari segi sejarah, sepak bola wanita udah tersedia sejak sepak bola pertama kali ditemukan. Mungkin beberapa besar orang mengetahui bahwa olahraga sepak bola berasal berasal dari Inggris tapi sejatinya permainan ini udah tersedia sejak ribuan th. lalu. Sejarah sepak bola wanita udah dimainkan oleh para wanita di Cina lebih kurang th. 25 yakni pada masa Dinasti Donghan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lukisan-lukisan berasal dari Dinasti Han yang mempertontonkan para wanita bermain Tsu Chu yang merupakan cikal dapat berasal dari sepakbola. Setelah ratusan th. berlalu permainan sepak bola wanita seperti tenggelam terutaman dikala Dinasti Qing berkuasa yang mana amat tidak menyukai sepak bola wanita lebih-lebih hingga keluar larangan bermain sepak bola bagi para wanita di Cina saat itu.

Skotlandia adalah negara yang mutlak bagi berkembangnya sepak bola wanita. Sejarah mencatat, sejak th. 1790an udah banyak ditemukan kejuaraan-kejuaraan sepakbola wanita di Skotlandia. Pada th. 1852, Skotlandia menjadi negara pertama yang merekam dan menyiarkan pertandingan sepak bola wanita. Hal ini lantas merasa diikuti Inggris pada th. 1895.

Lihat Juga : Yalla Shoot

Namun lambat laun merasa berubah, sepak bola untuk wanita rupanya diperbolehkan untuk dimainkan lagi. Seiring berjalannya waktu, sepakbola wanita menjadi amat digemari. Sepak bola wanita di negara Eropa termasuk merasa banyak dimainkan oleh kaum hawa disana. Sekitar th. 1920an terselenggaralah pertandingan sepak bola wanita di Inggris dan dihadiri oleh banyak sekali pirsawan yang amat antusias untuk hadir. Bahkan pertandingan yang dilakukan di Everton tersebut mampu menyedot pirsawan hingga 53000 orang hingga melebihi kapasitas stadion yang ada.

Larangan Bermain
Kesuksesan sepak bola wanita bukanlah tanpa halangan. Pada saat itu perkembangan sepakbola wanita sebenarnya amat pesat dan mampu dikatakan bahwa pertandingan sepak bola wanita mampu menyaingi pria. Sayangnya antusiasme yang tinggi tak disambut dengan positif saat itu agar tidak mampu berkembang dengan baik.

FA sebagai federasi sepak bola Inggris justru menambahkan respon yang negatif hingga – hingga sebabkan sebuah larangan bermain sepak bola bagi wanita. Banyak yang menyebutkan cara yang disita FA ini merupakan cara iri hati sekaligus defensif demi merawat sepakbola pria.

Sejak awal olahraga ini merasa dikenal, cibiran-cibiran pahit udah banyak bermunculan seperti yang menyebutkan wanita tidak etis dan tak sepantasnya bermain sepakbola. Hal ini sebenarnya erat sekali hubungannya dengan perbedaan gender yang pada saat itu masih ramai. Hal ini rupanya diikuti oleh negara lain seperti Belanda dan Jerman pada th. 1955 yang perlihatkan hal yang mirip bahwa sepak bola wanita dilarang untuk dimainkan dengan alasan bahwa permainan sepak bola tak sesuai dengan kodratnya bagi seorang wanita.

Kebangkitan
Seiring berjalannya saat rupanya persepak bolaan untuk para wanita merasa bersinar. Puluhan th. tidak mengalami perkembangan, selanjutnya angin segar berhembus kembali. Perlahan ketentuan pelarangan sepakbola wanita merasa dicabut. Tahun 1971 beberapa negara besar Eropa memperbolehkan lagi pertandingan sepak bola bagi wanita.

Mulai saat itulah permainan sepak bola wanita moderen berkembang menjadi lebih baik. Walaupun begitu, sepakbola wanita tidak dengan gampang menemukan lagi keberhasilan yang pernah dimiliki 60 th. lalu. Perlu 20 th. lebih lamanya sepak bola mampu bangkit lagi hingga di th. 1991 berhasil menyelenggarakan piala dunia wanita untuk yang pertama kalinya.

Klub Sepak Bola Wanita
Beberapa tim sepak bola wanita merasa terbentuk dan menggelar kompetisi sendiri di berbagai negara. Seperti beberapa klub besar sepak bola wanita yang cukup tenar antra lain :
Di Inggris : Arsenal Ladies, Chelsea Ladies Football, Bristol Academy Ladies, dan lain lain
Amerika Serikat : Washington Freedoms, Boston Breakers, Arizona Heatwaves, dan lainnya
Jepang : NTV Beleza, INAC Kobe Leonessa, Albirex Niigata Ladies, dan lain sebagainya.
Di negara kami sendiri termasuk tak ketinggalan punya tim yang mana tidak benar satu klub sepak bola wanita di Indonesia adalah Buana Putri selain beberapa nama tim yang ada.

Piala Dunia Wanita
Mengamati perkembangan sepak bola wanita yang mengalami perkembangan cukup baik selanjutnya FIFA sebagai induk organisasi sepak bola di dunia menambahkan support kepada sepakbola wanita dengan digelarnya sebuah kejuaraan piala dunia untuk wanita yang disebut dengan FIFA Women’s World Cup.

Sejarah piala dunia wanita pertama kalinya dilakukan di Cina yakni pada th. 1991. Dalam turnamen akbar tersebut diikuti oleh 12 tim dan Amerika Serikat keluar sebagai juara pada saat itu. Piala dunia wanita FIFA diselenggarakan tiap-tiap 4 th. sekali seperti yang berlangsung pada sepakbola pria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *