Toyota, Maruti Suzuki akan bertempur pada model bersama

Diposting pada

Suzuki Jakarta – Kerjasama Toyota dan Suzuki untuk cross-badging mobil akan menghasilkan pertarungan yang sangat ketat antara kedua perusahaan Jepang di pasar India. Toyota, yang akan mulai menjual SUV mini Brezza milik Suzuki dan Baleno dari tahun depan sebagai bagian dari kesepakatan ambisius, mengatakan bahwa akan bertujuan untuk mempertahankan harga pada mobil-mobil itu bahkan sambil memberi mereka tampilan baru pada eksterior dan interior.

N Raja, wakil MD dari anak perusahaan Toyota India, mengatakan bahwa tim dari kedua perusahaan telah mulai bekerja pada berbagai aspek yang terkait dengan kesepakatan lintas-badging, yang juga akan melihat Maruti Suzuki mendapatkan akses ke sedan Corolla Toyota untuk dijual di bawah merek sendiri.

“Meskipun terlalu dini untuk berbicara dengan cara yang konkret, saya merasa bahwa kami perlu mencocokkan Maruti di bagian harga ketika kami akan mulai menjual Brezza dan Baleno di bawah merek kami. Itu adalah aspirasi dan keinginan, ”kata Raja kepada TOI.

Ikatan antara perusahaan-perusahaan Jepang dipandang sebagai langkah berani karena Toyota yang jauh lebih besar telah setuju untuk mendapatkan sumber kendaraan populer dari Suzuki di India sambil memberikan yang terakhir salah satu produk global paling populer di Corolla. Ikatan ini telah dijahit karena Toyota melihat permainan yang lebih besar di salah satu pasar mobil paling kompetitif di dunia – didominasi oleh kendaraan yang lebih kecil – sementara Suzuki melihat pada akses ke teknologi newage seperti hibrida dan listrik.

Direkomendasikan Oleh Kolombia

Raja mengatakan bahwa ia melihat kesepakatan itu “lebih sebagai peluang daripada ancaman” karena akan membantu Toyota Kirloskar meningkatkan basis pelanggannya di India sambil memberikan peluang bisnis baru kepada dealernya. Kesepakatan untuk Corolla juga akan membantu meningkatkan jejak produksi bisnis Toyota India.

Namun, dia menambahkan bahwa akan ada juga tantangan penting untuk kesepakatan itu. “Menciptakan diferensiasi dalam produk tentu akan menantang. Juga, mendapatkan harga setara dengan Maruti akan menjadi bidang penting lainnya. ”Toyota juga harus mengatasi masalah yang berkaitan dengan persepsi dealer dan mereknya. “Kami dipandang sebagai merek premium. Ini akan menantang untuk memastikan bahwa pelanggan mobil merasa nyaman datang ke showroom kami. ”

Berbicara tentang diferensiasi, Raja mengatakan bahwa itu adalah “tugas yang sulit” untuk dicapai, terutama karena upaya sebelumnya di lintas-badging (oleh produsen lain) belum sangat sukses di India. “Kami akan membawa klinik dan studi kami untuk mendapatkan umpan balik pelanggan.”

Perusahaan seperti Renault dan Nissan telah melakukan cross-badging di India dan produk bersama termasuk Renault Duster SUV dan Nissan Twin Terrano. Produk Nissan Cross-badged milik Kult karya Renault adalah Datsun Redi-Go. Toyota dan Suzuki telah mengumumkan kesepakatan lintas-bading pada 29 Maret, dan ini mengikuti sebuah memorandum yang awalnya mereka capai pada Februari tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *