Wasit dan Asisten wasit

Diposting pada

Wasit

Wasit adalah seorang yang memiliki wewenang untuk menyesuaikan jalannya suatu pertandingan olahraga. Ada beraneka macam makna wasit. Dalam bahasa Inggris dikenal referee, umpire, judge atau linesman.

Istilah wasit didalam bahasa Inggris Referee berasal dari sepak bola. Awalnya kapten dari tiap tiap tim saling berkonsultasi untuk merampungkan perselisihan yang berlangsung di lapangan. Kemudian peran ini didelegasikan kepada seorang umpire. Setiap tim membawa umpire-nya masing-masing agar masing-masing kapten tim bisa berkonsentrasi kepada permainan. Akhirnya, seorang yang dianggap netral dinamai referee (dari would be “referred to”) bertindak sebagai orang yang akan merampungkan masalah jika umpire tidak bisa menyelesaikannya. Referee tidak berada di lapangan sampai 1891, ketika umpire menjadi linesman (sekarang asisten wasit).

Asisten wasit

Asisten Wasit (dikenal pula sebagai hakim garis) adalah salah satu pengadil didalam pertandingan sepak bola yang bertugas menolong wasit utama didalam menegakkan Laws of the Game selama pertandingan. Aturan lebih lanjut perihal asisten wasit dicantumkan didalam hukum ke-6 LOTG.

Lihat Juga : Yalla Shoot

Seorang pengadil keempat tengah menginformasikan menit yang ditambahkan (injury time).
Pada tingkat pertandingan sepak bola profesional, kubu wasit terdiri dari seorang wasit utama di lapangan permainan dan dua asisten wasit, yang keduanya mengadili di sepanjang salah satu paruh garis lapangan. Tugas asisten wasit kebanyakan adalah mengamati bola yang udah meninggalkan lapangan permainan – juga tim yang berhak untuk mendapat tendangan bebas langsung didalam daerah permainan, berikan tanda selagi kasus offside terjadi, dan menolong wasit utama menentukan pelanggaran yang didapati didalam pengawasannya secara objektif. Asisten wasit bisa menggantikan wasit utama jika ia tidak bisa melanjutkan memimpin pertandingan.

Pada tingkat yang lebih tinggi dari seorang wasit didalam lapangan, ada seorang pengadil (offisial pertandingan) keempat. Tugas pengadil keempat kebanyakan sebagai wasit administratif didalam bertugas di segi lapangan untuk menolong tugas wasit utama yang juga pengelolaan secara teknis, perubahan pemain, pencatatan jumlah skor serta kartu kuning/kartu merah yang diterima pemain, penghitungan perihal lama selagi yang terbuang didalam penghentian laju pertandingan akibat bermacam insiden (pelanggaran, lemparan ke dalam, perawatan pemain, persiapan tendangan bebas) didalam memilih selagi untuk setelah itu memberitahukan Info tentang injury time kepada penonton. Selain itu, seorang pengadil keempat bertugas menilai kesesuaian busana dan peralatan para pemain di lapangan berdasarkan asas LOTG, serta jadi perantara wasit utama didalam berikan info sepanjang pertandingan berlangsung kepada offisial klub, panitia pertandingan dan pihak berwajib bila berlangsung insiden. Dalam keputusan di tingkat nasional, pengadil keempat bisa menggantikan wasit atau salah satu asisten wasit jika tidak bisa melanjutkan untuk mengadili pertandingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *